Feng Shui itu efek ?

Ada teman yang bertanya secara nyata ke saya pribadi,
Dia berpendapat Feng Shui itu tidak berguna / tidak efek.

Saya adalah seorang skeptis, dan tanpa uji coba dengan pengalaman pribadi, saya tidaklah gampang puas dengan pendapat2 umum. Ketika saya di kasih statement itu, saya membenarkan dia.

Ya Feng Shui efeknya sangat2 lah kecil dan sedikit, tapi saya menekankan lagi, mungkin karena pemahaman Feng Shui, dan expetasi ke Feng Shui yang terlalu muluk.

Saya jelaskan ke dia, Feng Shui yang paling mudah itu ilustrasinya seperti ketika kita dulu bersekolah :

Kita sering dapat tempat duduk acak, ada yang di tengah, ada yang di depan, ada yang di belakang.

Nah efeknya apa ?

  1. Tentu saja, yang duduk paling depan, paling bisa melihat tulisan guru di depan paling jelas. Namun anak itu belum tentu senang, karena dia mau di tengah, biar sesekali bisa bermain dsb
  2. Nah yang pendek anggap saja di tengah, jika ada temannya yang duduk di depan nya, lebih tinggi badannya, akan kehalang.
  3. Lalu yang duduk di belakang, jika matanya -, juga akan memburuk penglihatannya, dan bisa berefek ke prestasinya.

Jadi dengan contoh beberapa di atas kita sudah melihat, dengan berbagai anak, Feng Shui bekerja, tapi kembali expetasi anak itu pun beda2.

Anak 1 itu ingin bersosialisasi, jadi biarpun dia dapat paling depan, dia merasa di sorot guru, dan membosankan harus belajar dan belajar terus, berarti fokusnya bersosialisasi, bukan murni untuk nilai.

Anak 2, di tengah, cukup bersosialisasi, mungkin ingin belajar lebih serius, namun temannya lebih tinggi, menghalangi pandangan dia. Ini contoh Feng Shui menghalangi kemajuan dia.

Anak 3, di belakang, ya ini jelas punya penyakit mata -, di belakang lagi, bisa kita ibaratkan Feng Shui nya sangat buruk, jangka panjang bisa berefek ke prestasi.

Jadi Feng Shui bekerja, namun dengan batasan2, bukan seperti rubah ini itu, bisa kaya mendadak. Harus disesuaikan dengan maunya orang.

Dari pengalaman pribadi, dari mencoba beberapa rumah, dan berexperimen, beda lokasi rumah, beda lingkungan mempengaruhi psikologis yang tinggal di rumah.

Ada rumah yang membuat saya berenergi, dan aktif, untuk berkarya, untuk menulis, untuk mengajar.

Ada rumah yang membuat saya lebih fokus kesehatan, untuk meditasi, buat ingin tidur, relax.

Ada rumah yang hawanya panas, membuat gampang bertengkar, dan kacau balau keluarga.

Jadi beda2 efeknya, ada pengaruh arah, lokasi, lingkungan.

Begitu juga dengan toko / ruko  /kios.

Ada toko / ruko / kios yang karena posisi strategis, orang suka datang.

Ada yang udah dibagusin kayak gemanapun, tetap aja sepi.

Ada yang ramai, tapi tiba2 di depannya terjadi sesuatu, perbaiki jalan / pembangunan dsb sehingga, pengunjung berkurang banyak.

Jadi Feng Shui bekerja ?

Ya 100 % bekerja, namun expetasinya janganlah terlalu berlebihan, biarpun toko / kios anda, di tata sedemikian rupa, tapi lingkungan macro anda lagi perbaiki jalan, ya mana efek ?

Atau anda sudah bagusin pakai teknik Feng Shui yang mahal puluhan ratusan juta, tapi anda di lingkungan baru jadi, penghuni yang asli sangatlah minim, mana ada efeknya ?

Posisi Feng Shui Kepala Naga, itu juga tidak akan berguna, jika cacing2 dan naganya tidak tinggal di lingkungan itu, hahaha.

Jadi Feng Shui tetaplah bekerja, tidak semudah, memasang Pat Kwa, menolak bala, dari sudut2 yang menyerang rumah / ruko anda. Juga tidak semudah memakai bunga / air di posisi tertentu untuk mengaktifkan.

Mengaktifkan apa ? Sarang nyamuk ? Ya kalau untuk dasar keindahan, dan membuat rumah lebih sejuk nyaman, itu sangatlah bagus saya sarankan.

Feng Shui yang bagus itu, hanyalah yang tepat guna, dan tidak ada ilmu yang bekerja untuk umum, harus di lihat per Individu, per Kasus. Dan lepas dari semua itu, contoh untuk bisnis bukan cuma Feng Shuinya harus di analisa, tapi harus analisa Macro economi, micro economi, segmen pasar, target pasar, dan banyak hal. Juga perlu analisa keberuntungan yang punya Ruko / kios / rumah.

Intinya bukanlah hal yang simple dan mudah, yang bisa anda bayar ikut kursus Feng Shui Flying Star, Feng Shui Kua dsb, lalu anda mengclaim diri anda sudah mengerti Feng Shui.

Jika anda bertanya, jika faktanya begitu, apakah saya menerapkan Feng Shui ?

Tentu, saya menerapkan sedikit banyak, tapi saya sadar, itu cuma alat bantu untuk mencapai yang saya inginkan.

Jadi buang duit banyak rombak rumah ini itu, beli rumah, ruko, lokasi tertentu apakah tindakan benar ?

Tentu, jika anda punya uang itu, dan sanggup merubah ini itu, tentu saja harus konsultasi bukan hanya dengan orang pintar saja, tetapi juga harus di dampingi arsitek, orang design interior. Baru lah bisa maximal sesuai yang anda inginkan. Dan juga harus pilih hari special , tidak asal2an.
Harus tau dengan detail apa tujuan anda, ingin bisnis apa, sektor market apa, dan realistis atau tidak. Jadi sebenarnya Pakar Feng Shui yang benar, bukanlah cuma mengerti soal ilmu beginian, dia juga harus punya wawasan luas seputar perkembangan bisnis terakhir, dan mengerti mau anda.

Saya bisa membantu, tapi tentu saja tetap ada batasan2, bukan seperti Magic, yang semua beres, dan mudah begitu saja. Ga segampang itu.

Namun, jika anda tidak punya uang, atau ngepas, saran saya lupakan, Feng Shui rubah ini itu, tidak menjamin kenaikan keberuntungan anda untuk hidup lebih baik. Sayangi duit anda. Pakailah untuk investasi bisnis anda.

Akhirnya teman saya mengerti, dan memahami setelah saya menjelaskan dengan gamblang dan blak2an.

Nah pertanyaannya apakah anda mengerti dan memahaminya juga ?

Salam
Erkus

Leave a Reply